“Must” dan “Have to”

Arti dari “must” dan “have to” itu sebenarnya sama. Tapi makna dalam penggunaan kalimatnya berbeda lho. Must berarti harus atau wajib, tapi keharusan atau kewajiban itu datangnya dari si speaker alias orang yang ngomong itu sendiri.

Contoh:

I must submit this assignment before tomorrow.

Di kalimat ini, si speaker bilang kalau dia harus mengumpulkan tugasnya sebelum besok. Nah, keinginan untuk mengumpulkan tugasnya itu datangnya dari dia sendiri alias inisiatif pribadi tanpa adanya paksaan dari orang lain.

Sedangkan “have to”, keharusan atau kewajiban itu sumbernya dari luar si speaker. Bisa jadi karena adanya paksaan atau tekanan orang lain. Bisa juga karena adanya peraturan yang memang mengharuskan untuk melakukan kewajiban atau keharusan itu.

Contoh:

We have to come to school before 7.

Di kalimat ini speakernya bilang kalau kita harus tiba di sekolah sebelum jam 7. “Harus” di sini maknanya sama saja dengan “kewajiban”, karena memang peraturan di sekolah mengharuskan kita untuk datang tidak terlambat.

Advertisements

17 Responses to ““Must” dan “Have to””

  1. hmmmm….
    gt ya bedana *manggut2*

    trus klo error ama mistake., ada bedana kaya’ gt jg gk.?

    Lam kenal jg mbak :handshake:
    Saya juga di jogja kok :p

    • Uhm..beda error sm mistake ya…
      Kalo error itu kesalahan yang dibuat tapi kita tidak menyadarinya dan terus menerus melakukan kesalahan itu. Sedangkan mistake itu kesalahan yang dibuat tapi kita bisa menyadarinya dan akhirnya bisa membetulkan kesalahan itu karena udah tau letak kesalahannya (sepertinya aq njelasinnya ribet banget ya? he, harap maklum)
      Satu lagi nih, kita2 malah lebih biasa pake kata error daripada mistake kan… padahal itu tuh salah. Kata dosenku kalo orang yang first language-nya English, error itu sama saja dengan tulalit.

  2. jadi sadar and gk sadar yak bedanya..???
    saya kemaren juga nanya2 ma temen [bis komen di sini tentunya :p ]
    klo kata dia., error itu kesalahan yang kita sudah tahu bagaimana seharusnya yg bener., sedangkan mistake itu kesalahan yang kita gk tau bagaimana yg benernya., bahkan kita bisa jad gk tau klo yg kita lakuin itu salah 😀
    makanya di komputer pakenya error sedangkan di kehidupan manusia pakenya mistake.
    tapi temenku itu gk bilang firts languagenya error itu artinya tulalit.
    thanks bgt mbak infonya.!!

  3. Kalo orang bule alias orang yang first languagenya English melakukan kesalahan palingan mereka bilang, “It’s my mistake” gitu kan? atau kalo enggak ya pake “fault”. Dan selama ini saya belum pernah mendengar ada yang ngomong “It’s my error” 😀
    Pertanyaannya, knp begitu?? ya karena kalo pake kata “error” itu sama saja dengan menunjukkan kebodohan atau kasarnya ketulalitannya itu sendiri.
    So… Error itu berarti kesalahan yang tidak disadari dan terus menerus dilakukan karena nggak tau letak kesalahannya, makanya nggak bisa membetulkan, dan berarti juga kesalahan ini sudah fatal(ini yang saya maksud menunjukkan kebodohan atau tulalit). Sedangkan mistake berarti kesalahan yang kita buat tapi kita tau letak kesalahannya dan akhirnya bisa membetulkannya.

  4. iya… jadi emang inidanoe itu lagi error…

    “Error itu berarti kesalahan yang tidak disadari dan terus menerus dilakukan karena nggak tau letak kesalahannya, makanya nggak bisa membetulkan, dan berarti juga kesalahan ini sudah fatal(ini yang saya maksud menunjukkan kebodohan atau tulalit).”

  5. heyyaa,, ini mahh plajarana Mr. Bams ama Mr. Ab ..
    ckckckckckck ..

  6. Weh brat tenan bhasan’y.. Bhasa negeri sebrang..

    Yg calon guru neranginya detail bnget.. Ini mo buka biro konsultasi bhasa y? Kalo mo konsul da uang mukanya ga? Hahaha

  7. @enggalicious
    ckckckckckckck juga deh dek 😀

    @deni
    ya nggak gitu juga lah, just share knowledge, itupun kalo pas kebetulan aku tau 🙂

  8. ariefdj™ Says:

    ic…

  9. ane nyasar kesini.. tp terimakasih ane jd dpt dua ilmu baru; perbedaan must dan have to, mistake dan error.. hiii memang cuma beda2 tipis..

  10. sebenarnya kalau mau bikin gampang.. perbedaan antara error dan mistake itu ngga harus berhubungan dengan sadar atau tidak sadar, segala sesuatu yang kamu (secara manusiawi) tidak bisa merubahnya kembali ke jalan yang seharusnya (terlepas benar atau salah!) kamu langsung pakai error.. sisanya yang ngga ada hubungan dengan “takdir, atau kehendak ilahi alias bukan hasil kerja manusia” kamu bilangnya mistake.. aduh nyambung ngga yah!? aku kasih contoh langsung aja yah! bencana alam, cacat mental, cacat fisik, kecelakaan dengan konotasi takdir, dan sejenisnya termasuk golongan error..

    sisanya mistake, segala sesuatu yang terjadi dengan tidak sepantasnya, tetapi masih bisa diperbaiki dengan batas kemampuan manusia. (bukan batas kemampuan kamu pribadi atau individu)

    begitu aja deh.. selamat mudeng yah! he he he..

  11. bagaimana kalimat ” you must not smoke here”

  12. Syarifah I.T Nst Says:

    Oooh.. klo computer kan pake error jg tuh,,jd gmana donk,,itu kn msh bisa diperbaiki ..sedangkan penjelasan diatas blg klo error itu berkaitan dgn takdir n gak bisa diperbaiki..

    msh acakadul nih..

  13. perbedaan must and have to jelaskan banget ,,, thanks a lot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: